cowboy
Jika dipelajari dengan pendekatan yang berbeda, matematika dapat menjadi ilmu yang paling menyenangkan.
Berikut ini adalah salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dikemas dalam sebuah aktifitas permainan:

Kegunaan:
Permainan ini dapat digunakan untuk evaluasi setelah selesai mengajarkan konsep matematika atau melakukan reinforcement di awal jam pelajaran untuk memantau pemahaman anak dan mempersiapkan iklim yang lebih baik dari sebelumnya.

Manfaat:
Manfaat yang akan diperoleh siswa jika mengikuti permainan ini adalah:
1. melatih kepercayaan diri
2. meningkatkan kemampuan kinestetik anak
3. meningkatkan sportifitas
4. meningkatkan kemampuan daya pikir, analisa dan pemecahan masalah

Cara Bermain :
1. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, komposisi kelompok harus seimbang
2. Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mengatur strategi dan memilih pemain
pertama
3. Guru mengkondisikan kelas seperti pada dunia cowboy
4. Dua siswa mewakili masing-masing kelompok maju saling membelakangi seperti duel
cowboy
5. Guru membacakan soal, misalnya “Berapakah hasil 7+5”
6. Siswa yang paling cepat menemukan jawabannya harus berbalik dan berteriak “dor”
7. Siswa yang paling cepat ditunjuk oleh guru untuk memberikan jawabannya. Kalau
jawabannya benar maka lawan kalah. Kalau salah, guru bertanya kepada siswa yang
satu lagi. Kalau jawaban yang diberikan benar, maka siswa pertama kalah. Kalau
keduanya salah soal diganti dengan yang lebih mudah.
8. Jika anggota kelompoknya kalah, maka ia (yang kalah) memilih temannya untuk
menggantikan posisinya melawan sang juara.
9. Siapa yang anggota kelompoknya lebih dulu habis berarti kalah
10. Permainan ini dapat terus dilakukan sampai salah satu kelompok kehabisan pemain
11. Siswa dapat dilibatkan dalam pembuatan soal