matematika realistik1
Pembelajaran Pendekatan Konvensional
• Siswa adalah penerima informasi secara pasif dan belajar secara individu.
• Pembelajaran diawali dari definisi, konsep, atau algoritma yang abstrak.
• Konsep atau algoritma ada di luar diri siswa yang harus diterima dan dihafalkan oleh siswa.
• Pemerolehan konsep atau algoritma oleh masing-masing siswa harus seragam dengan yang diterangkan guru.
• Ketrampilan yang dikembangkan atas dasar driill
• Hasil belajar diukur dengan satu cara yaitu tes tulis pada akhir kegiatan.

Pembelajaran Pendekatan RME
• Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan belajar melalui kerja kelompok dan diskusi dengan siswa lain.
• Pembelajaran diawali dari masalah sederhana dari kehidupan nyata atau masalah yang disimulasikan.
• Konsep atau algoritma dikembangkan atas dasar skemata yang telah dipunyai siswa.
• Pemerolehan konsep atau algoritma oleh masing-masing siswa sering berbeda, bergantung skemata siswa.
• Ketrampilan yang dikembangkan atas dasar pemahaman.
• Penilaian autentik, hasil belajar diukur dengan berbagai cara, tidak hanya tes tulis pada akhir kegiatan.